Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PETA KENDALI STATISTIK DALAM MENGONTROL PERUBAHAN MUTU CRUDE PALM OIL PADA PROSES DISTRIBUSI (Studi Kasus: PT. Wilmar Nabati Unit Bagendang, Kalimantan Tengah)

AZILLA FEBRYOLA UTAMI, - (2024) PENERAPAN PETA KENDALI STATISTIK DALAM MENGONTROL PERUBAHAN MUTU CRUDE PALM OIL PADA PROSES DISTRIBUSI (Studi Kasus: PT. Wilmar Nabati Unit Bagendang, Kalimantan Tengah). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text
bab iv- azzila.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Azilla Febryola Utami.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Proses distribusi crude palm oil melibatkan tahap penyimpanan, pengangkutan dan pengiriman, yang rentan terhadap perubahan mutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan mutu yang terjadi selama proses distribusi, dengan fokus pada parameter utama yaitu kadar asam lemak bebas dan kadar air. Pemantauan mutu dilakukan dengan menerapkan peta kendali statistik yaitu peta kendali variabel yang mencakup peta kendali X dan peta kendali R. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 data untuk kadar asam lemak bebas dan 20 data untuk kadar air yang berada diluar batas kendali. Analisis kemampuan proses menunjukkan bahwa nilai Cp dan Cpk untuk kadar asam lemak bebas adalah masing-masing 1,69 dan 0,33, sedangkan untuk kadar air adalah 0,44 dan 0,18. Analisis diagram sebab-akibat mengidentifikasi terdapat beberapa faktor yang berkontribusi terhadap perubahan mutu seperti manusia, metode, lingkungan dan mesin. Hasil diskusi mengenai perbaikan beberapa faktor pada penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk meningkatkan konsistensi terhadap spesifikasi mutu crude palm oil. Kata Kunci: Analisis kemampuan proses, Asam lemak bebas, Diagram sebab-akibat, Kadar air, Peta kendali X, Peta kendali R.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorm.marizal, -2020038804m.marizal@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:43
Last Modified: 17 Jul 2024 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82115

Actions (login required)

View Item View Item