DINA YULESTI, - (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM TASMI’ DALAM MENJAGA KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN SANTRIWATI DARUL HUFFADZ PONDOK PESANTREN SYAFA’ATURRASUL TELUK KUANTAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS DINA YULESTI.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dina Yulesti (2024) : Implementasi Program Tasmi’ Dalam Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santriwati Darul Huffadz Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Teluk Kuantan Penelitian ini dilatar belakangi oleh implementasi program tasmi’ dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati Darul Huffadz Pondok Pesantren Syafa’aturrasul Teluk Kuantan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program tasmi’ dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati Darul Huffadz. Dan untuk mengetahui kemudian mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam hafalan Al-Qur’an santriwati Darul Huffadz Pondok Pesantren Syafa’aturrasul. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator serta para musyrifah (Pembina) tahfidz, santriwati, alumi dan orangtua santriwati Darul Huffadz. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, implementasi program tasmi’ dalam menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati Darul Huffadz dilaksanakan dengan baik. Program tasmi’ dilaksanakan dalam kegiatan tasmi’ harian, tasmi’ pekanan, tasmi’ sughro, dan tasmi’ kubro. Program tasmi’ ini berlangsung secara rutin dan terjadwal, sehingga setiap santriwati dalam halaqah tahfidz berkewajiban untuk mengikuti dan mentasmi’kan hafalan Al-Qur’annya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam program ini. Kedua, dengan penerapan program tasmi’ yang mempunyai kebijakan target dan penilaian, kualitas hafalan Al-Qur’an santriwati dapat terjaga dengan baik, dengan indikator penilaian berupa fashahah (Makharijul Huruf, Waqaf, dan Ibtida’), Tajwid, dan kelancaran hafalan. Ketiga, faktor pendukung hafalan Al-Qur’an di Darul Huffadz yaitu adanya target program yang jelas dan tata tertib, faktor individu, serta adanya motivasi dari diri sendiri, orangtua dan musyrifah pembimbing. Keempat, adapun faktor penghambatnya adalah faktor kesehatan dan kehadiran, malas dalam melakukan tasmi’, serta tidak istiqomah dan disiplin dalam menghafal Al-Qur’an. Kata Kunci:Implementasi Program Tasmi’, Kualitas Hafalan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 02:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:41 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82113 |
Actions (login required)
View Item |