Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI UPT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KAMPAR KIRI HILIR

ROTUAH JULIANA BR SIPAHUTAR, - (2024) SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LAYANAN ADMINISTRASI DI UPT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 KAMPAR KIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ROTUAH JULIANA BR SIPAHUTAR.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rotuah Juliana Br Sipahutar, (2024): Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di UPT Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kampar Kiri hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mutu layanan administrasi di UPT SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir, 2) supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di UPT SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir 3) faktor pendukung dan faktor penghambat supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di UPT SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek utama dalam penelitian yang dilakukan adalah Plt Kepala Sekolah dan objeknya adalah supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu layanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di UPT SMP Negeri 5 Kampar Kiri Hilir: 1) mutu layanan administrasi sudah memenuhi beberapa indikator layanan bermutu, seperti ketepatan waktu, keterampilan dalam menyelesaikan tugas, serta memahami apa yang dibutuhkan pelanggan, hanya saja ketanggapan tenaga administrasi dalam melayani pelanggan yang meminta perubahan mendadak perlu diperbaiki. 2) supervisi kepala sekolah terhadap tenaga administrasi dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu setiap 3 bulan sekali persemester; supervisi dilaksanakan dengan 4 tahap; a) perencanaan program supervisi meliputi menyiapkan instrumen supervisi berupa lembar penilaian kinerja tenaga administrasi, serta menetapkan teknik supervisi yaitu teknik individual dengan melakukan observasi terhadap kinerja staff; b) pelaksanaan supervisi sesuai dengan rancangan yang ditetapkan; c) penilaian supervisi sesuai kriteria penilaian.; d) tindak lanjut perbaikan untuk kedepannya.; 3) faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan supervisi kepala sekolah.; a) faktor pendukung meliputi fasilitas yang memadai, komunikasi yang efektif, komitmen kepala sekolah serta kesediaan tenaga administrasi untuk disupervisi; b) faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu kepala sekolah, kurangnya sumber daya, dan kurangnya wawasan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi. Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Mutu Layanan Administrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSohiron, -2004088204-
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:07
Last Modified: 17 Jul 2024 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82101

Actions (login required)

View Item View Item