SRI WAHYUNI, - (2024) PENGARUH PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC-ISSUE (SSI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI LINGKUNGAN SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Socio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia kelas VII SMPN 23 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group desain. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VII C (kelas kontrol) dan kelas VII D (kelas eksperimen). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan tes uraian, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test. Untuk mengetahui pengaruh pendekatan model Socio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis parametric paired simple t-test dengan bantuan software SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan alpha (0,000< 0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Sosio Scientific Issue (SSI) terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia di SMPN 23 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:42 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82095 |
Actions (login required)
View Item |