Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN USAHA BERSAMA TRAVEL PADA PT. PUTRA NUSA MULYA DITINJAU DARI FIQH MUAMALAH

AISYAH RAMADHANI, - (2024) PELAKSANAAN USAHA BERSAMA TRAVEL PADA PT. PUTRA NUSA MULYA DITINJAU DARI FIQH MUAMALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AISYAH RAMADHANI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah Ramadhani, 2024: Pelaksanaan Usaha Bersama Travel Pada PT. Putra Nusa Mulya Ditinjau Dari Fiqh Muamalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh usaha bersama yang dilakukan antara PT. Putra Nusa Mulya dengan pemilik mobil. Pada pelaksanaan usaha bersama ini tidak ada perjanjian atau kontrak secara tertulis antara kedua belah pihak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan usaha bersama travel pada PT. Putra Nusa Mulya dan bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanaan usaha bersama travel pada PT. Putra Nusa Mulya. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan usaha bersama travel pada PT. Putra Nusa Mulya dan untuk mengetahui tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanaan usaha bersama travel pada PT. Putra Nusa Mulya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di PT. Putra Nusa Mulya yang beralamat di Jl. Bangau no. 10, Kel. Kampung Melayu, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah pemilik dan rekanan dari travel PT. Putra Nusa Mulya. Penulis mengambil populasi sebanyak 8 orang yang terdiri dari 1 orang Direktur Utama PT. Putra Nusa Mulya, 1 orang Manager PT. Putra Nusa Mulya, 1 orang Kepala Cabang Kota Pekanbaru, dan 5 orang pemilik mobil yang melakukan kerjasama dengan PT. Putra Nusa Mulya, sehingga penulis mengambil sampel sebanyak 8 orang menggunakan teknik total sampling. Sumber data penelitiaan ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen, kemudian data tersebut dianalisa menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada usaha bersama yang terjadi di PT. Putra Nusa Mulya dalam melakukan kerjasama, kedua belah pihak tidak membuat perjanjian secara tertulis guna untuk memperjelas sistem kerjasamanya yang menyebabkan terjadinya perbedaan antara kesepakatan diawal terkait kondisi kendaraan dengan pelaksanaannya. Di awal memulai kerjasama si pemilik mobil harus menjaga kondisi kendaraannya dan jika ada yang rusak hendaknya diganti sesuai kebutuhan, namun terkadang si pemilik mobil hanya mengganti sekedarnya saja demi menghemat pengeluaran, dalam hal ini adanya pihak yang dirugikan karena salah satu pihak tidak jujur dan terbuka. Oleh karena itu, kerjasama yang dilakukan antara pemilik mobil dengan PT. Putra Nusa Mulya belum sesuai dengan Fiqh Muamalah karena dalam fiqh muamalah itu sendiri terdapat asas-asas berakad yang salah satu diantaranya yaitu akad harus dibuat dalam bentuk tertulis. Kata Kunci: Usaha bersama, Syirkah Wujuh, PT. Putra Nusa Mulya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZAINAL ARIFIN, -2004076501,zainalarifinnn2018@gmail.com
Thesis advisorNurlaili, -2005106701,nurlaili@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:52
Last Modified: 17 Jul 2024 01:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82078

Actions (login required)

View Item View Item