Syara Pertiwi, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SETS ( SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Science, Environment, Technology And Societ (SETS) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati indonesia kelas VII SMPN 23 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu VII A (kelas eksperimen) dan VII B (kelas kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pre-test dan post-test. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model Science, Environment, Technology And Society (SETS) terhadap kemampuan literasi sains siswa dianalisis dengan menggunakan n-gain dan parametric-test dengan SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji hipotesis parametrik independent simple test (uji T) diperoleh data Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan alpha = 0,05 (0,000< 0,05 ) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology And Societ (SETS) terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia di SMPN 23 Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:30 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:31 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82077 |
Actions (login required)
View Item |