Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN STOKOBAT MENGGUNAKAN METODE ANALISIS ALWAYS BETTER CONTROL DAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY

SHOFIKA ADILYA, - (2024) SISTEM PENGENDALIAN PERSEDIAAN STOKOBAT MENGGUNAKAN METODE ANALISIS ALWAYS BETTER CONTROL DAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4 (6). pp. 2777-2787. ISSN ISSN 2723-3898 (Media Online)

[img]
Preview
Text
TA_Shofika.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Apotek XYZ adalah farmasi yang mengkhususkan diri dalam penjualan obat resep dan secara eksklusif menerima resep dari dokter berlisensi. Permasalahan yang muncul antara lain adalah menentukan obat mana yang harus di prioritaskan untuk menekan biaya produksi yang mengakibatkan persediaan stock obat tidak stabil, dan sering terjadinya kelebihan dan kekurangan stock obat yang disebabkan karena tertundanya pemesanan obat ke supplier. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu teknik yang memudahkan pengendalian stok obat pada Apotek XYZ, yang bertujuan agar Apotek XYZ lebih mudah dalam menentukan obat mana yang harus dipriotitaskan dan mengelola pengendalian persediaan stock obat yang di alami apotek. Untuk mengatasi permasalahan tersebut secara efektif. Analisis ABC terhadap obat pada kelompok A menunjukkan bahwa terdapat 7 jenis obat yang menyumbang 35,00% dari total penggunaan obat, dan menghasilkan total pendapatan sebesar 67%. Pada kelompok B terdapat 6 jenis obat yang mewakili 30,00% dari total penggunaan obat dan menghasilkan total pendapatan sebesar 23%. Terakhir, kelompok C terdiri dari 7 jenis obat yang mencakup 35,00% dari total penggunaan obat, dan menghasilkan total pendapatan sebesar 11%. Dengan menggunakan metode EOQ, dilakukan analisis terhadap 7 jenis obat pada kelompok A, diperoleh jumlah pesanan optimal EOQ yang bervariasi. EOQ tertinggi diperoleh sebesar 90,64 atau 90 item untuk obat OB2, sedangkan EOQ terendah sebesar 43,29 atau 43 item untuk OB19. Tiap jenis obat mempunyai kisaran 1-4 Safety Stock, dan Reorder Point tiap jenis obat berbeda-beda dalam hal jumlah unit yang dibutuhkan.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFITRIANI MUTTAKIN, -2012068602fitrianimuttakin@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:26
Last Modified: 16 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82041

Actions (login required)

View Item View Item