Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN PENGHULU DALAM PEMBANGUNAN KAMPUNG MERANGKAI KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Lilis Sri Suryani, Lilis (2024) PERAN PENGHULU DALAM PEMBANGUNAN KAMPUNG MERANGKAI KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kinerja penghulu yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan pembangunan yang terjadi di kampung tidak dilakukan dengan merata. Tentunya ini menjadi tugas penting bagi penghulu karena sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, yang mana mencakup wewenang Penghulu dan Hak Penghulu. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni, bagaimana Peran Penghulu Dalam Pembangunan Kampung Merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, dan Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Peran Penghulu Dalam Pembangunan Kampung Merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), yang berlokasi di Kampung Merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Penghulu, Kerani, Kaur Bendahara, Kaur Umum dan Tata Usaha, dan Masyarakat Kampung Merangkai. Objek dalam penelitian ini peran penghulu Kampung Merangkai. Data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan oengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Penghulu Kampung Merangkai sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, namun masih belum maksimal. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa faktor kendala yaitu faktor Internal dan Eksternal. Dalam pandangan Fiqh Siyasah yang dilakukan tidak bertentangan dengan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrdamisrain, -2007076401irdamisraini7764@gmail.com
Thesis advisorKasmidin, -2017086801kasmidinarabiy@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Peran, Penghulu, Pembangunan Kampung, Fiqh Siyasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:25
Last Modified: 17 Jul 2024 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82021

Actions (login required)

View Item View Item