SAHARUDIN, - (2024) PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU PEDAGANG PAKAIAN PADA DESA KOTABARU KERITANG INDRAGIRI HILIR PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (GABUNGAN KECUALI BAB IV)
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version Download (13MB) | Preview |
|
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (766kB) |
Abstract
Saharudin (2024) : Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islam dan Religiusitas terhadap Perilaku Pedagang Pakaian Pada Desa Kotabaru Keritang Indragiri Hilir Perspektif Ekonomi Syariah Perilaku pedagang adalah segala aktivitas yang dilakukan oleh pedagang dalam kegiatan perdagangan, pada hakekatnya prilaku mencerminkan akhlak (etika) seseorang. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku pedagang, antara lain: faktor interpretasi terhadap hukum (pengaruh pengetahuan etika bisnis), faktor lingkungan, dan faktor individu dan situasi (religiusitas). Banyaknya jumlah pedagang pakaian di desa Kotabaru Keritang Indragiri Hilir ini membuat persaingan antar pedagang semakin ketat sehingga para pedagang melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan etika bisnis islam dan religiusitas terhadap prilaku pedagang pakaian pada Desa Kotabaru Keritang Indragiri Hilir perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif yang berlokasi di Desa Kotabaru Keritang Indragiri Hilir. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling berjumlah 34 pedagang pakaian di Desa Kotabaru Keritang Indragiri Hilir. Metode pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi progam SPSS Ver 22 for windows. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pengetahuan etika bisnis islam (X1) dan religiusitas (X2) terhadap perilaku pedagang pakaian (Y) pada Desa Kotabaru Keritang Indragiri Hilir. Berdasarkan hasil uji f nilai fhitung 43,691 > ftabel 2.92 dengan tingkat signifikan 0,000 ˂ 0,05 artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. x1 thitung 6,323 > ttabel 2,039 Dan x2 thitung 3,380 > ttabel 2,039 dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,721 artinya bahwa sumbangan pengetahuan etika bisnis islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang sebesar 72,1% sedangkan sisanya sebesar 19,6% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Ditinjau dari ekonomi syariah bahwa pengaruh pengetahuan etika bisnis islam dan religiusitas terhadap perilaku pedagang paakaian pada Desa Kotabaru Keritang Indragiri Hilir sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah. Para pedagang sudah memiliki prinsip jujur, amanah dalam berdagang. Kata Kunci: Pengaruh Pengetahuan Etika Bisnis Islam, Religiusitas, Perilaku Pedagang Pakaian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2024 02:19 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82020 |
Actions (login required)
View Item |