Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN INTERFACE PERFORMANCE ANALYSIS PADA DINAS XYZ

May Sarah, Sarah (2024) ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN INTERFACE PERFORMANCE ANALYSIS PADA DINAS XYZ. Kesatria : Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 5 (3). pp. 1-42. ISSN 2720-992X

[img]
Preview
Text
Laporan Tugas Akhir - May Sarah.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Abstrak - Dewasa ini kemajuan teknologi telah menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat adalah teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak terlepas dari peranan internet. Salah satu aplikasi terpenting dari internet adalah website. Pada dasarnya tercapainya kualitas website yang sempurna akan mendorong terciptanya kepuasan pengguna. Kualitas website yang baik tentu dapat diwujudkan dengan menampilkan website yang sesuai dengan kriteria metode WebQual 4.0 sebagai alat ukur agar tercapainya kepuasan bagi pengguna. Berdasarkan latar belakang, maka akan dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kualitas layanan dari website e-Filing dalam penerapan metode Webqual 4.0 dan IPA. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengukuran terhadap kualitas layanan website, mengelompokkan atribut-atribut pada tiga variabelWebqual 4.0 dengan metode IPA dan memberikan rekomendasi perbaikan kualitas layanan Website Dinas XYZ pada atribut yang diprioritaskan untuk diperbaiki. Penelitian ini dilakukan di DLHK Pekanbaru selama 30 hari dengan metode wawancara, oservasi dan dokumentasi, sampel pada penelitian ini adalah pengguna website sebanyak 100 sampel. Hasil penelitian ini adalah kualitas kegunaan terdapat adanya beberapa menu yang error yang isi nya tidak sesuai dengan nama menu tersebut. Dari segi dimensi kualitas informasi ditemukan menu website yang tidak tepat waktu, serta website jarang di update. Dari segi dimensi kualitas interaksi pelayanan yaitu tidak terdapatnya fasilitas kolom komentar pada website. Dari segi dimensi kualitas interaksi pelayanan yaitu tidak terdapatnya fasilitas kolom komentar pada website sehingga pengguna tidak bisa memberi saran atau pendapat. Kata kunci: Kualitas Layanan, Website, Metode Webqual 4.0. IPA

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEki Saputra, -2016078301eki.saputra@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:43
Last Modified: 16 Jul 2024 05:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82006

Actions (login required)

View Item View Item