Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR CANGKANG BUAH KARET DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Ganoderma orbiforme (Fr.) Ryvarden SECARA IN VITRO

RAHMADHANI FITRI, - (2024) UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR CANGKANG BUAH KARET DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Ganoderma orbiforme (Fr.) Ryvarden SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (ABB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)

Abstract

RAHMADHANI FITRI (2024) : UJI EFEKTIVITAS ASAP CAIR CANGKANG BUAH KARET DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Ganoderma orbiforme (Fr.) Ryvarden SECARA IN VITRO Ganoderma orbiforme (Fr.) Ryvarden merupakan patogen penyebab penyakit busuk pangkal batang pada tanaman kelapa sawit yang mengakibatkan kematian sampai 80%. Salah satu alternatif dalam mencegah penyakit busuk pangkal batang dengan menggunakan asap cair cangkang buah karet sebagai pestisida. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi asap cair cangkang buah karet yang efektif dalam menghambat pertumbuhan Ganoderma orbiforme secara In Vitro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2023 sampai Januari 2024 di Laboratorium Patologi, Entomologi, Mikrobiologi dan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari 5 perlakuan (0%, 1%, 2%, 3% dan 4%) dan 4 ulangan. Parameter pengamatan meliputi penampakan koloni patogen, analisis kandungan total fenol dan pH pada asap cair cangkang buah karet, daya hambat (%) dan laju pertumbuhan (cm/hari). Hasil penelitian menunjukkan bahwa asap cair cangkang buah karet memiliki total fenol 0,96%. Asap cair cangkang buah karet konsentrasi 2% sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan Ganoderma orbiforme. Kata Kunci: asap cair, busuk pangkal batang, pestisida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYusmar Mahmud, -2005078601Yusmarm45@gmail.com
Thesis advisorTiara Septirosya, -2014099001tiara33@gmail.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:59
Last Modified: 16 Jul 2024 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/82005

Actions (login required)

View Item View Item