Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI

IMAM MAULANA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan etnosains dengan model pembelajaran konvensional dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan etnosains. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 154 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan peneliti adalah purposive sampling sehingga di dapat kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII cd sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data melalui soal tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dihitung berdasarkan skor gain yang dinormalisasikan. Sehingga diperoleh peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,46 dengan kategori sedang. Uji hipotesis dihitung menggunakan uji T (Indenpendent Sampel T-tes) sehingga diperoleh nilai signifikan 0,00 < nilai signifikan alpha 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan antara siswa yang memperoleh model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan pendekatan etnosains dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUHAMMAD ILHAM SYARIF, -2026089401mdilhamsf@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:04
Last Modified: 17 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81997

Actions (login required)

View Item View Item