Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA HOME INDUSTRY CV BINTANG KIRANA MANDIRI PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

MUHAMMAD FARHAN MASRURY, - (2024) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DALAM MENETAPKAN HARGA JUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA HOME INDUSTRY CV BINTANG KIRANA MANDIRI PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kekurangan perusahaan dalam menghasilkan laba yang maksimal, yaitu Dalam melakukan perhitungan harga pokok produksinya,Hal ini karena kurang terincinya biaya overhead pabrik yang digunakan dalam menghitung biaya produksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penentuan harga pokok produksi dalam menetapkan harga jual menurut perhitungan home industry CV Bintang Kirana Mandiri Pekanbaru. Kedua, bagaimana perhitungan harga pokok produksi dalam menetapkan harga jual menurut metode full costing pada home industry CV Bintang Kirana Mandiri Pekanbaru. Ketiga, Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap penentuan harga pokok produksi dalam menetapkan harga jual pada Home Industry CV Bintang Kirana Mandiri Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ) yang dilakukan di home industry CV Bintang Kirana Mandiri. Informan yang bersedia diwawancarai adalah 12 orang terdiri dari pemilik usaha dan tenaga kerja. Sumber data yang di peroleh dengan menggunakan data primer yaitu data observasi, wawancara dan laporan keuangan home industry. Metode analisis data berupa metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi CV Bintang Kirana Mandiri belum merinci seluruh biaya yang dikeluarkan dalam proses produksinya. Hasil perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing yang diperoleh dari biaya produksi lebih tinggi karena biaya yang ada dalam proses tersebut dihitung secara akurat dan dapat memberikan informasi yang lebih rinci. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang penentuan harga pokok produksi dalam menetapkan harga jual adalah pemilik usaha menyebutkan bahwa harga yang ditetapkan sudah sesuai dengan perspektif Ekonomi Syariah, dapat dilihat dari segi keadilan, salah satu indikator nya konsep al-Adl yaitu harga yang ditetapkan tidak menimbulkan eksploitasi atau penindasan (kezaliman) sehingga merugikan salah satu pihak dan menguntungan pihak yang lain, maksudnya pemilik usaha tetap memperoleh keuntungan yang normal dan pembeli memperoleh manfaat yang setara dengan harga yang dibayarkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMadona Khairunisa, -2012098602madonakhairunisa@uin-suska.ac.id
Thesis advisormadonakhairunisa@uin-suska.ac.id, -2015058202basyir@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:36
Last Modified: 17 Jul 2024 06:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81984

Actions (login required)

View Item View Item