Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

PUTRI SALSABILA, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV SABIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV SABIL.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap disseminate tidak dilakukan dalam penelitian ini karena keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti. Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh melalui angket validitas, praktikalitas dan respon peserta didik. Hasil validitas produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi 93,75%, ahli bahan ajar dengan nilai 87,5%, ahli bahasa dengan nilai 93,5%, dengan nilai rata-rata keseluruhan validitas 91,58%. Dinyatakan sangat praktis oleh guru dengan nilai 90,5%, dan dinyatakan sangat baik oleh peserta didik dengan nilai 88,6%. Berdasarkan respon peserta didik pada uji coba terkait dengan produk modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Modul Proyek, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Project Based Learning, Ekologi dan Keanekaragaman Hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRIAN VEBRIANTO2023108702rianfebrianto@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:22
Last Modified: 17 Jul 2024 07:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81964

Actions (login required)

View Item View Item