Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN DIGITAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU

SYARAH RIFQA AINI, - (2024) PENERAPAN DIGITAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SYARAH RIFQA- SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB IV- RIFQA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)

Abstract

ABSTRAK Syarah Rifqa Aini (2024): Penerapan Metode Pembelajaran Digital Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran digital learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek satu orang guru dan 24 siswa, objeknya adalah metode digital learning dan kemampuan berpikir kritis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa hanya 55,63. Sementara pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 82,3. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,9. Adapun pada siklus III kemampuan berpikir kritis siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 92,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran digital learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Islam Azhar 54 Pekanbaru. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Pembelajaran Metode Digital Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUSILAWATI, -0627028401,susilawati@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:02
Last Modified: 16 Jul 2024 02:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81958

Actions (login required)

View Item View Item