MUHAMMAD RIPALDO PRATAMA, - (2024) SOCIAL CRMANALYTICUNTUKPENINGKATAN CUSTOMERRETENTION PADAMAXIM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Laporan Muhammad Ripaldo Pratama.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi saat ini adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari di kehidupan saat ini. Banyak perusahaan saat ini yang sudah terkena dampak kemajuan teknologi terutama dalam bidang jasa transportasi online. Sudah banyak sekali transportasi online yang hadir di Indonesia seperti Maxim, saat ini Maxim adalah salah satu perusahaan jasa transportasi online yang sangat berdampak bagi kebutuhan masyarakat Indonesia. Agar Maxim dapat bersaing dengan kompetitornya. Perusahaan Maxim harus menerapkan Customer Relationship Management agar Maxim bisa mempertahankan pelanggan mereka dengan menerima umpan balik dan mengevaluasi umpan balik tersebut, agar maxim bisa mempertahankan pelanggan mereka. Penelitian ini mengambil umpan balik Maxim yang berasal dari Google Playstore lalu data tersebut di sentimen analisis untuk melihat seberapa banyak komentar positif, negatif, dan netral. Hasil yang didapat dari sentimen analisis tersebut sebanyak 60,6% komentar negatif, 29,7% komentar positif, dan 9,7% komentar netral. Lalu hasil tersebut di klasifikasi dan di cluster menjadi beberapa cluster menggunakan Fuzzy Kano, selanjutnya peneliti memberikan optimization untuk meningkatkan retensi pelanggan dari perusahaan Maxim yang bertujuan untuk mempertahankan pelanggan Maxim dan menambah pelanggan yang loyal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem | ||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi | ||||||||
Depositing User: | fsains - | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 08:31 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 08:31 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81956 |
Actions (login required)
View Item |