Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN INFORMASI BAZNAS (SIMBA) DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA DUMAI

ADE IRMA SURYANI, - (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN INFORMASI BAZNAS (SIMBA) DALAM MENINGKATKAN TRANSPARANSI PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV ADE IRMA SURYANI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV ADE IRMA SURYANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Irma Suryani (2024) : Analisis Implementasi Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SIMBA) dalam Meningkatkan Transparansi pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Dumai SIMBA berfungsi untuk pelaporan zakat, sentralisasi data penghimpunan, mendata jumlah muzakki dan mustahik, serta pelaporan pendapatan zakat, infak dan sedekah (ZIS). Namun SIMBA belum bisa diakses dengan mudah. Permasalahan dalam penelitian adalah, bagaimana implementasi sistem manajemen informasi BAZNAS (SIMBA) serta kendala dalam implementasi sistem manajemen informasi (SIMBA) untuk meningkatkan transparansi pada BAZNAS Kota Dumai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem manajemen BAZNAS (SIMBA) serta kendala dalam implementasi sistem manajemen informasi BAZNAS (SIMBA) untuk meningkatkan transparansi pada BAZNAS Kota Dumai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan deskriptif kualitaitf. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai BAZNAS Kota Dumai. Objek yang menjadi titik fokus dalam penelitian ini yaitu Sistem Manajemen Informasi BAZNAS di BAZNAS Kota Dumai. Informan penelitian terdiri dari 3 orang yaitu 1 orang sebagai kepala bidang keuangan dan pelaporan, 1 orang sebagai kepala bidang pendistribusian dan pendayagunaan, dan 1 orang sebagai kepala bidang penghimpunan BAZNAS Kota Dumai. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, data penyajian dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa SIMBA hanya digunakan oleh BAZNAS baik pusat maupun dari kabupaten atau kota. SIMBA dioperasionalkan oleh pegawai yang ditunjuk sebgai penanggung jawab. Masyarakat hanya bisa melihat perkembangan melalui website BAZNAS zakat yang telah terhimpun, kapan dan di mana saja zakat itu disalurkan. Kendala yang dihadapi dalam implementasi SIMBA di BAZNAS Kota Dumai antara lain ketergantungan dengan jaringan internet, kurangnya sumber daya manusia yang memahami ilmu komputer dan ilmu akuntansi serta efektivitas SIMBA yang belum maksimal. Kata Kunci : Implementasi, Sistem Informasi Manajemen BAZNAS (SIMBA), Transparansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorROZI ANDRINI, -2002059401Rozi.andrini@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAFDHOL RINALDI, -2004067902afdhol.rinaldi@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:04
Last Modified: 17 Jul 2024 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81939

Actions (login required)

View Item View Item