Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTUALISASI SELF HEALING PERSPEKTIF IMAM ASY-SYAUKANI DALAM TAFSIR FATHUL QADIR

ROSIANA, - (2024) AKTUALISASI SELF HEALING PERSPEKTIF IMAM ASY-SYAUKANI DALAM TAFSIR FATHUL QADIR. Skripsi thesis, Unversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB III DAN IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB III DAN IV)
BAB III DAN IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Aktualisasi Self Healing Perspektif Imam Asy-Syaukani Dalam Tafsir Fathul Qadir”. Self healing adalah sebuah proses penyembuhan, atau pemulihan diri pada umumnya terdapat pada gangguan psikologi, trauma, dan lain sebagainya. Hal ini didorong dan diarahkan oleh diri sendiri dan sering kali didorong oleh naluri. Self healing adalah salah satu solusi yang sangat bermanfaat untuk membantu seseorang untuk menyelesaikan gangguan mental, serta keseimbangan dari menghadipi kondisi mental yang negatif. Self healing juga bentuk usaha dalam pemulihan untuk menciptakan hidup yang lebih nyaman dalam menghadapi konflik dan berbagai masalah yang datang dalam kehidupan. Hal inilah yang membuat penelitian ini perlu didalami lebih lanjut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yaitu bagaimana Imam Asy-Syaukani menafsirkan ayat-ayat yang berkaitan dengan self healing dan bagaimana aktualisasi self healing dalam konteks kekinian menurut Imam Syaukani. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library reseacrh). Sumber data primer penelitian ini adalah kitab tafsir Fathul Qadir karya Imam Asy-Syaukani dan data sekundernya yakni sumber penunjang data. Penelitian ini adalah juga menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah Pentingnya keterhubungan dengan Allah, Sabar dan doa sebagai pendukung penyembuhan, Penekanan pada kesabaran dan pendidikan, Usaha dan tawakkal, Pengelolaan emosi dan berprasangka baik, berpuasa, berzikir, memahami kepribadian manusia yang berbeda-beda, tujuan penciptaan makhluk Allah, tidak berprasangka buruk terhadap orang lain, Kata Kunci : Aktualisasi, Self Healing, Imam Asy-Syaukani, Fathul Qadir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasyhuri Putra2022047101masyhuri.Putra@uin-suaka.ac.id
Thesis advisorJani Arni2017018201jani.arni@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:27
Last Modified: 16 Jul 2024 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81893

Actions (login required)

View Item View Item