Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMK NEGERI 2 PEKANBARU

FATHANIAH FILZA YUSRI, - (2024) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMK NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

FATHANIAH FILZA YUSRI (2024) : PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI SMK NEGERI 2 PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian merupakan seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 2 Pekanbaru yang berjumlah 817 orang dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel 78 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Kelas X.Kimia Industri sebagai kelas eksperimen dan kelas X.PPLG sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes berbicara langsung dalam bernegosiasi. Sedangkan Teknik analisis datanya adalah uji prasyarat analisis inferensial dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui yang pertama, hasil keterampilan berbicara siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 81,18 dengan kategori nilai yaitu baik. Kedua, Hasil keterampilan berbicara siswa pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 68,78 dengan kategori nilai yaitu cukup. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung (7,438) > ttabel (1,992) atau signifikansi (0,00) < α =0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode bermain peran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X di SMK Negeri 2 Pekanbaru. Kata kunci: Keterampilan berbicara, metode bermain peran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWelli Marlisa2013049101Wellimarlisa@gmail.com
Subjects: 400 Bahasa
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:53
Last Modified: 17 Jul 2024 03:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81824

Actions (login required)

View Item View Item