Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, OPINI AUDIT DAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG DENGAN AUDIT TENURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Abdul Rosyid, - (2024) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, OPINI AUDIT DAN KOMITE AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG DENGAN AUDIT TENURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, opini audit dan komite audit terhadap audit report lag dengan audit tenure sebagai variabel moderasi. pada perusahaan sektor perdagangan, jasa, dan investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2023. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sehingga didapatkan sebanyak 56 perusahaan. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan Eviews versi 12. Model penelitian yang dipakai dalam analisis adalah memakai uji chow, uji hausman. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan hipotesis secara parsial bahwa opini audit tidak berpengaruh terhadap audit report lag. Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap audit report lag. Profitabilitas, dan komite audit berpengaruh negatif terhadap audit report lag. Variabel moderasi audit tenure dapat memoderasi negatif(memperlemah) pengaruh ukuran perusahaan terhadap audit report lag, dan juga variable moderasi audit tenure dapat memoderasi positif(memperkuat) pengaruh profitabilitas terhadap audit report lag, dan juga variable moderasi audit tenure tidak dapat memoderasi pengaruh opini audit dan komite audit terhadap audit report lag. Dengan hasil uji R-Square menunjukkan bahwa kontribusi seluruh variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 57,70%, sedangkan sisanya sebesar 42,30% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diukur dalam model regresi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorANNA NURLITA1015078701anna.nurlita@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:40
Last Modified: 16 Jul 2024 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81803

Actions (login required)

View Item View Item