Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perancangan Sistem Kerja Pada Usaha Pencucian Motor Dan Karpet Dengan Menggunakan Metode Green Ergonomi dan Eco-Efficiency (Studi Kasus: Cucian Motor Dan Karpet Dua Putri)

NURUL FAZRIN ANNI HARAHAP, - (2024) Perancangan Sistem Kerja Pada Usaha Pencucian Motor Dan Karpet Dengan Menggunakan Metode Green Ergonomi dan Eco-Efficiency (Studi Kasus: Cucian Motor Dan Karpet Dua Putri). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV DAN V)
Nurul Bab 4 dan 5 Nurul.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Laporan Nurul Kecuali Bab 4 dan 5 Nurul.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Saat ini kebutuhan akan sarana transportasi sangat penting untuk mendukung berbagai aktivitas masyarakatnya. Mayoritas penduduk, terutama mahasiswa, cenderung memilih menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi. Fenomena ini menyebabkan peningkatan permintaan akan sepeda motor. Bagi masyarakat, menggunakan sepeda motor dianggap lebih praktis dan ekonomis, sehingga menjadikan kebersihan dan perawatan sepeda motor menjadi hal yang sangat penting. Permasalahan dari usaha pencucian motor dan karpet yang paling utama adalah kerusakan jalan akibat genangan air dan beban kendaraan, pencemaran lingkungan akibat limbah yang dihasilkan dan juga timbulnya bau tidak sedap akibat genangan air limbah. Tujuannya adalah melakukan perancangan perbaikan sistem kerja pada usaha pencucian motor dan karpet yang tidak memberikan efek buruk bagi tubuh manusia melainkan akan membantu pekerja pada usaha pencucian motor dan karpet dalam upaya dengan pendekatan green ergonomic dan eco-efficiency. Perancangan sistem kerja dengan konsep green ergonomi memiliki kemampuan untuk menjamin efisiensi lingkungan dengan menjadikan proses kerja lebih efisien dan ramah lingkungan. Selain itu, penambahan filter air sebagai penyaringan limbah pencucian motor dan karpet mampu meningkatkan eco-efficiency, serta perbaikan desain lantai kerja yang membuat pekerja bekerja dengan nyaman, aman, dan ergonomis Kata Kunci : Green ergonomi, eco-efficiency

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNOFIRZA, -2028117701nofirza@uin-suska.ac.id
Thesis advisorANWARDI, -1027108202anwardi@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:04
Last Modified: 16 Jul 2024 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81754

Actions (login required)

View Item View Item