Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI NAGARI LUBUK ALUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

LINDA ZAHARNI, - (2024) PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI NAGARI LUBUK ALUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Linda Zaharni (2024) : Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Alokasi Dana Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Nagari Lubuk Alung Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Tujuan utama dari dana desa adalah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan pemerintah desa memerlukan suatu aspek tata pemerintahan yang baik (good governance). Salah satu elemen penting dari good governance adalah akuntabilitas dan transparansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas, transparansi dan alokasi dana desa secara parsial dan simultan terhadap kesejahteraan masyarakat, serta bagaimana pengaruh akuntabilitas, transparansi dan alokasi dana desa terhadap kesejahteraan masyarakat dalam perspektif ekonomi syariah. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 orang dari jumlah total populasi 8.392 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu metode random sampling sederhana. Teknik perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini dibantu dengan program spss (Statistic Package For Social Science) 22 untuk mengolah data. Berdasarkan hasil penelitan diketahui pertama, secara parsial diperoleh thitung akuntabilitas 3,099 > ttabel 1,984 dengan tingkat (sig) 0,003 < 0,05, dan hasil thitung transparansi 4,206 > ttabel 1,984 dengan tingkat (sig) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel akuntabilitas dan transparansi berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat, kemudian pada hasil thitung alokasi dana desa 1,624 < ttabel 1,984 dengan nilai (sig) sebesar 0,108 > 0,05, berarti ADD tidak berpengaruh dan signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat. Kedua, hasil uji secara simultan diperoleh nilai F hitung sebesar 39,608 > F tabel 2,706, dengan signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti variabel X secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai berkontribsusi sebesar 55,3% sedangkan sisanya sebesar 44,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Ketiga, Tinjauan ekonomi syariah mengenai pengaruh akuntabilitas, tranparansi dan alokasi dana desa terhadap kesejahteraan masyarakat di nagari Lubuk Alung sudah sesuai dengan prinsip ekonomi syariah yaitu shidiq, amanah, tabligh dan fathonah. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya laporan kegiatan dan papan informasi yang disediakan oleh pemerintah nagari yang berarti nagari Lubuk Alung sudah menerapkan prinsip akuntabilitas (pertanggungjawaban) dan transparansi (keterbukaan) dalam pengelolaan dana desanya. Sehingga nantinya akan menciptakan kemaslahatan bagi masyarakat yang ada di nagari Lubuk Alung. Kata kunci: Akuntabilitas, Transparansi, Dana Desa dan Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurnasrina, -2005048001nurnasrina@uin-suska.ac.id
Thesis advisorAfrizal Ahmad, -2020057403afrizalahmad@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:56
Last Modified: 15 Jul 2024 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81705

Actions (login required)

View Item View Item