Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Banking Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation (HE)

Elzy Novianti, Elzy (2024) Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Banking Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation (HE). Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 5 (4). pp. 1-7. ISSN p-ISSN: 2723-3863 e-ISSN: 2723-3871

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Elzy Novianti.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Salah satu bank terbesar di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah adalah Bank Rakyat Indonesia. BRI merupakan salah satu perbankan yang menerapkan system mobile banking. Ditemukan masalah dan gangguan pada usability aplikasi berupa tampilan menurut hasil survey kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kemampuan aplikasi BRImo agar memberikan pengalaman pengguna yang positif. Dalam pengujian penelitian ini, ada dua metode yang diterapkan yaitu User Experince Questionnaire dan Heuristic Evaluation. Hasil penelitian pengujian kuesioner benchmark UEQ menunjukan nilai pada skala attractiveness 1,61, effeciency 1,76 dan stimulation 1,52 mendapatkan kategori baik, sedangkan nilai dari skala perspecuity 1,72, dependability 1,48 dan novelty 0,75 termasuk kategori di atas rata-rata. Permasalahan pada aplikasi BRImo yang ditemukan para ahli berpotensi menyulitkan pengguna. Berdasarkan hasil pengujian tingkat keparahan dari 10 aspek metode, Aesthetic dan Minimalist Design mendapat nilai rating 2 (dua) dengan nilai 1,66 dibutuhkan perbaikan dengan tingkat prioritas rendah karena dengan kondisi aplikasi yang terlalu banyak elemen dan menu yang membuat kebingungan pengguna dan ikon serta simbol yang lebih memikirkan estetika dibanding fungsionalitas aplikasi .

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTengku Khairil Ahsyar, -2020058501tengkukhairil@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:41
Last Modified: 15 Jul 2024 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81675

Actions (login required)

View Item View Item