WAHLUL GAMA SIRAIT, - (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUHADATSAH BERBASIS MUFRODAT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP IT FUTURE ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI WAHLUL GAMA SIRAIT.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Wahlul Gama Sirait, (2024) : Pengembangan Bahan Ajar Muhadatsah Berbasis Mufrodat Untuk Siswa Kelas VIII SMP IT Future Islamic School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan bahan ajar muhadtsah berbasis mufrodat yang di gunakan siswa siswi kelas VIII SMP IT Future Islamic School Pekanbaru, bagaimana hasil siswa siswi kelas VIII Future Islamic School Pekanbaru terhadap bahan ajar muhadtsah berbasis mufrodat yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa arab dan bagaimana respon siswa siswi kelas VIII Future Islamic School Pekanbaru terhadap bahan ajar muhadatsah berbasis mufrodat. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R&D). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan analis data menggunakan rumus Nilai Rata-rata N Gain Score. Populasi pada penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP IT Future Islamic School Pekanbaru yang berjumlah 16 orang. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa prosedur pembuatan bahan ajar muhadatsah berbasis mufrodat ini menggunakan 7 langkah yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Dan hasil validasi bahan ajar dari ahli materi mendapatkan 65% yang berkategori layak, dan dari ahli desain mendapatkan 85% yang berkategori sangat layak, dan dari ahli bahasa mendapatkan 82% yang berkategori sangat layak. Dan hasil uji coba pembelajaran pembelajaran dengan bahan ajar muhadatsah berbasis mufrodat dengan penghitungan menggunakan rumus rata-rata bahwa siswa di kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 62% yg berkategori cukup efektif. Dan hasil dari revisi produk sebesar 86% yang berkategori efektif. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa pengembangan bahan ajar muhadatsah berbasis mufrodat mengalami peningkatan sebesar 24%. Ini menunjukkan bahwa penerapan pengembangan bahan ajar muhadatsah di kelas VIII SMP IT Future Islamic School Pekanbaru baik. Kata kunci: Pengembangan, Bahan ajar, Muhadatsah, Mufrodat
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:48 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:48 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81664 |
Actions (login required)
View Item |