SHELA SYAFRIANA, - (2024) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN READING QUIZ BERBANTUAN MEDIA UBUR-UBUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 013 PINTU GOBANG KARI KECAMATAN KUANTAN TENGAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Shela Syafriana, (2024): Penerapan Teknik Pembelajaran Reading Quiz Berbantuan Media Ubur-Ubur untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas IV SDN 013 Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah. Penelitian ini didasari oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS yang membuat guru harus lebih kreatif dalam memimpin pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan teknik reading quiz berbantuan media ubur-ubur yang terdiri dari II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 013 Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan yaitu 49,50% dengan kategori kurang baik, Setelah diterapkan teknik reading quiz berbantuan media ubur-ubur, aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama yaitu 52% dengan kategori masih kurang baik, pertemuan kedua meningkat menjadi 56% dengan kategori cukup dan pada siklus II pertemuan ketiga meningkat menjadi 68% dengan kategori cukup, lalu meningkat menjadi 80% pada pertemuan keempat dengan kategori baik. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan teknik reading quiz berbantuan media ubur-ubur dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 013 Pintu Gobang Kari, Kecamatan Kuantan Tengah. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Teknik Reading Quiz, Media Ubur-ubur, IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:18 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:20 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81650 |
Actions (login required)
View Item |