Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-NILAI DAKWAH PADA FILM “BUYA HAMKA”

MUHAMMAD REYHAN, - (2024) NILAI-NILAI DAKWAH PADA FILM “BUYA HAMKA”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD REYHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Muhammad Reyhan Prodi: Manajemen Dakwah Judul: Nilai-nilai Dakwah Pada Film "Buya Hamka" Abdul Karim Malik Amrullah atau biasa dikenal sebagai Buya Hamka merupakan tokoh nasional juga tokoh besar Muhammadiyah, Buya Hamka juga merupakan salah satu penulis besar dalam sejarah Indonesia, salah satu karya terbesar Buya Hamka ialah Tafsir Al-Ahzar pada tahun 1965. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Berkembangnya industri perfilman pada saat ini yang memberikan dampak-dampak yang cukup besar terhadap keberlangsungan hidup secara langsung, maupun tidak langsung, perkembangan industri film ini juga mencakup banyak hal dimana salah satunya ialah terdapatnya film ber genre religi yang di dalamnya terdapat pesan-pesan dakwah. Film Buya Hamka ini diangkat dari kisah perjalanan hidup seorang pahlawan nasional juga salah tokoh besar agama Islam di Indonesia, berbeda dengan flm biografi pada umumnya, film ini mencakup banyak hal di dalamnya, termasuk dakwah agama Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mencari tahu apa saja Nilai-nilai dakwah yang terdapat pada Film Buya Hamka, Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang menggunakan metode Deskriptif. Hasil Penelitian ini menemukan 11 scene yang mengandung Nilai-nilai Dakwah, diantaranya Nilai-nilai yang dimaksud adalah Nilai Kesetaraan, Nilai Tauhid, Nilai Islam Rahmatan lil-alamin, Nilai Seni Dalam Berdakwah, Nilai Pendidikan, Nilai Modernisasi, Dan Nilai Filantropi. Diantaranya ditemukan 1 nilai kesetaraan, 3 nilai tauhid, 1 nilai Islam rahmatan lil-alamin, 1 nilai seni dalam berdakwah, 2 nilai pendidikan, 1 nilai modernisasi, 1 nilai filantropi. Dalam Hasil penelitian ini Penulis juga menyarankan kepada Sutradara agar dapat memperbanyak produksi film ber genre religi agar dapat memberi dampak yang lebih baik lagi terhadap masyarakat luas, juga saran penulis kepada penonton agar dapat mengambil nilai-nilai positif di dalam film yang ditonton. Kata Kunci: Buya Hamka, Nilai-nilai Dakwah, Nilai-nilai Dakwah Pada Film, Nilai Kesetaraan, Nilai Tauhid, Nilai Islam Rahmatan lil-alamin, Nilai Seni Dalam Berdakwah, Nilai Pendidikan, Nilai Modernisasi, Nilai Filantropi, Dakwah, Film, Film Religi, Film Buya Hamka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKHAIRUDDIN2017087204khairuddin.72@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:09
Last Modified: 15 Jul 2024 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81637

Actions (login required)

View Item View Item