Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WEB GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI SPLDV

PUPUT ANGGRAINI, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN WEB GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL TERINTEGRASI KEISLAMAN PADA MATERI SPLDV. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Puput Anggraini (2024) : Pengembangan Media Pembelajran Menggunakan Web Google Sites Berbasis Kontekstual Terintegrasi Keislaman pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan web google sites berbasis kontekstual terintegrasi keislaman pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTsN 2 Rokan Hulu. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru matematika dan peserta didik kelas VIII. Objek penelitian adalah media pembelajaran web google sites berbasis kontekstual terintegrasi keislaman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik pengumpulan data berupa angket dan soal posttest. Instrumen penelitian berupa instrumen validasi yang terdiri dari lembar validasi instrumen penelitian, lembar vaidasi media oleh ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon peserta didik dan instrumen keefektifan yaitu soal posttest. Jenis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh : (1) media pembelajaran web google sites berbasis kontekstual dinyatakan dalam kategori sangat valid dengan rata-rata kevalidan sebesar 86,07%. (2) media pembelajaran web google sites berbasis kontekstual dinyatakan dalam kategori praktis dengan rata-rata kepraktisan sebesar 86,58%. (3) media pembelajaran web google sites berbasis kontekstual dinyatakan efektif. Hal ini ditunjukkan bahwa lebih besar dari . Selain itu, rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,29 lebih tinggi dari rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 79,35. Dengan demikian, media pembelajaran web google sites dapat digunakan dalam pembelajaran materi sistem persamaan linear dua variabel. Kata Kunci : Media, Web Google Sites, Kontekstual, Terintegrasi Keislaman, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel serta model ADDIE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNOVIARNI2023018402noviarni@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:13
Last Modified: 15 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81629

Actions (login required)

View Item View Item