Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMAHAMAN TAWAJUH TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM TSALIS KECAMATAN RAO KABUPATEN PASAMAN

ALDI SAPUTRA, - (2024) PEMAHAMAN TAWAJUH TAREKAT NAQSYABANDIYAH DI KALANGAN SANTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM TSALIS KECAMATAN RAO KABUPATEN PASAMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

ABSTRAK Nama tarekat Naqsyabandiyah dinisbatkan kepada nama pendirinya yaitu, Muhammad bin Muhammad Baha’uddin al-Uwaisi al-Bukhari Naqsyabandi (717719 H ) atau ( 1317-1389 M ) . Tarekat Naqsyabandiyah merupakan salah satu tarekat yang paling banyak pengikutnya di Indonesia, terutama bagian Sumatera dan Jawa. Bentuk minat terhadap tarekat Naqsyabandiyah bukan hanya terjadi pada lingkup masyrakat tetapi juga pada Pondok Pesantren, salah sataunya Pondok Pesantren Darussalam Tsalis. Penerapan ajaran tarekat di Pesantren merupakan suatu upaya pembinaan pembersihan jiwa sedari dini, agar tumbuh kesadaran terhadap perintah Allah SWT. Dalam tarekat Naqsyabandiyah ajarannya diamalkan dalam dua kegiatan yaitu suluk dan tawajuh. Di Pondok Pesantren Darussalam Tsalis pengamalan tarekat Naqsyabandiyah di amalkan dalam bentuk Tawajuh. Permasalahan dalam penelitian ini ada dua yaitu Bagaimana pengamalan Tawajuh di Pondok Pesantren Darussalam Tsalis, dan bagaimana pemahaman tawajuh terhadap Santri Pondok Pesantren Darusalam Tsalis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriktif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumrntasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah Mursyid dan Santri yang sudah masuk tarekat. Hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa Santri yang sudah mengikuti tawajuh seiring berjalannya waktu mengalami perubahan yang signfikan terhadap kepribadian santri dalam spiritual, akhlak, dan sosial. Amalan dan ajaran dari tarekat yang diamalkan membantu mereka dalam menyadari bahwa ada janji antara mereka dengan sang Khaliq. Kesimpulannya, ajaran tarekat Naqsyabandiyah yang diamalkan secara tekun dan istikomah memberikan peran penting dalam perubahan pribadi Santri Pondok Pesantren Darussalam Tsalis kepada yang lebih baik. Kata Kunci: Tarekat Naqsyabandiyah, Tawajuh, Pemahaman, Santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. ARRAFIE ABDUH, -2010075801,Arrafie.abduh@uin-suska.ac.id
Thesis advisorEDI HERMANTO, -2018078601edi.hermanto@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah dan Filsafat
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:17
Last Modified: 15 Jul 2024 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81615

Actions (login required)

View Item View Item