Juliwan (2012) KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL MUKHSININ SUNGAI INJAB KELURAHAN TERKUL KECAMATAN RUPAT KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012316.pdf Download (815kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi antara tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Nurul Mukhsinin Sungai Injab Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, sedangkan objeknya adalah kontribusi antara tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di MTs Nurul Mukhsinin Sungai Injab Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis. . Populasinya adalah seluruh siswa yang berjumlah 80 orang karena jumlah populasinya tidak mencapai 100 maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul, sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian tiga variabel, variabel pertama (X1) dan Variabel kedua (X2) bersifat ordinal diubah menjadi interval, dan Variabel ketiga (Y) bersifat interval, maka penulis menggunakan rumus regresi berganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS for windows Versi 17.0. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa Tingkat Pendidikan terkategori “Sedang” dengan persentase 51,53%, pendapatan orang tua terkategori “Tinggi” dengan persentase 75%, dan hasil belajar terkategori “sedang” dengan nilai rata-rata 60-69 sebanyak 24 siswa. Sedangkan kontribusi tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS Terpadu di MTs Nurul Mukhsinin Sungai Injab Kelurahan Terkul Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, dengan Konstribusi tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa adalah 0.540X100% = 54 % dan selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana (observasi/R SQuart) 0.540, dengan df = 77, lebih besar dari (tabel) pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0.217<0.540>0.283, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 05:11 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 05:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8161 |
Actions (login required)
View Item |