Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AL-FALÂH DAN AL-FARAH DALAM AL-QUR’AN STUDI APLIKATIF KAIDAH AL-MUTARÂDIF

NANDA ZAHRATUN NISA, - (2024) AL-FALÂH DAN AL-FARAH DALAM AL-QUR’AN STUDI APLIKATIF KAIDAH AL-MUTARÂDIF. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV ANALISIS DAN HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Al-falâh dan Al-Farah dalam Al-Qur’an Studi Aplikatif kaidah Al-Mutarâdif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep al-falâh dan al-farah dalam Al-Qur’an dengan mengaplikasikan kaidah al-Mutarâdif (sinonim). Penelitian ini merupakan jenis panelitian library reserch atau kepustakaan dengan pendekatan bersifat kualitatif-deskriptif dan menggunakan metode penafsiran maudhu’I (tematik) untuk menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kedua istilah tersebut. Penafsiran ayat-ayat dilakukan dengan merujuk kitab-kitab Tafsir karya tiga ulama terkemuka, yaitu Wahbah Az-Zuhaili, Ibnu Asy-Syaukani, dan Ibnu Katsir. Melalui pendekatan semantik penelitian ini menghimpun ayat-ayat yang mengandung kata al-falâh dan al-farah beserta derivasinya, kemudian menganalisis makna, konteks, dan penggunaanya dalam Al-Qur’an. Kaidah al-mutarâdif diaplikasikan untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan makna antara kedua istilah tersebut, serta mengungkap nuansa makna yang terkandung di dalamnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-falâh dan al-farah sering dianggap bersinonim dimana keduanya merujuk pada perasaan bahagia atau gembira yang dialami setelah mendapat sesuatu yang diinginkan, keduanya memiliki perbedaan makna yang signifikan. Al-falâh cenderung merujuk pada keberuntungan dan kesuksesan yang bersifat ukhrawi, sedangkan al-farah lebih mengarah pada kegembiraan yang bersifat duniawi. Penafsiran ketiga ulama tersebut memberikan perspektif yang komprehensif dalam memahami kedua konsep ini, mulai dari aspek linguistik, kontekstual, hingga implikasi teologis dan sosial. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam khazanah ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, khususnya dalam memahami nuansa makna kosakata Al-Qur’an dengan lebih mendalam. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi landasan bagi pengembangan konsep kebahagiaan dan kesuksesan dalam perspektif Islam. Kata kunci: Al-Falâh, Al-Farah, Al-Mutarâdif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAgustiar2005087101agustiar_abbas@yahoo.com
Thesis advisorFikri Mahmud2001016802fikrimahmud@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:06
Last Modified: 15 Jul 2024 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81601

Actions (login required)

View Item View Item