Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analysis of Raw Material Inventory Control in Optimizing Costs Using Min-Max Stock and Blanket Order Methods (Case Study: SMEs Keripik Cabai Maisatun)

Najwa Rizki Ismira, - (2024) Analysis of Raw Material Inventory Control in Optimizing Costs Using Min-Max Stock and Blanket Order Methods (Case Study: SMEs Keripik Cabai Maisatun). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Persediaan bahan baku merupakan hal yang krusial bagi perusahaan, permasalahan yang biasa terjadi dalam persediaan diantaranya adalah kekurangan bahan baku, kelebihan bahan baku, serta perencanaan persediaan bahan baku yang tidak terencana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah perencanaan persediaan bahan baku pada UKM Keripik Cabai Maisatun sudah optimal. Pada penelitian ini metode Min-Max dan Blanket Order diimplementasikan pada produk penjualan keripik cabai periode 2021-2023 sehingga perusahaan dapat menentukan kebijakan persediaan yang efektif. Penelitian ini diawali dengan menentukan metode terbaik dalam peramalan permintaan perusahaan dengan mempertimbangkan plot data permintaan perusahaan, kemudian menghitung metode Min-Max dengan menetapkan jumlah safety stock, minimum stock, maximum stock, order quantity, dan reorder level, kemudian metode Blanket Order dihitung dengan menetapkan jumlah pesanan, biaya pesan, holding cost, purchasing cost, dan safety stock (SS), lalu berdasarkan kedua metode tersebut didapatkan total biaya tiap metode dan metode dipilih berdasakan hasil total biaya terkecil. Hasil menunjukkan metode Min-Max lebih optimal dengan total biaya Rp 367,997,040. Sedangkan metode Blanket Order memiliki total biaya Rp 638,843,414.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNAZARUDDIN2010049005nazar.sutan@uin-suska.ac.id
Thesis advisorMUHAMMAD NUR1028058202muhammad.nur@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:05
Last Modified: 15 Jul 2024 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81589

Actions (login required)

View Item View Item