DINA RAHAYU, - (2024) PENGARUH KEBERADAN OJEK ONLINE DENGAN PERSAINGAN USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP PENDAPATAN OJEK KONVENSIONAL DI KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU PESPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (GABUNGAN KECUALI BAB IV)
GABUNGAN KECUALI BAB IV DINA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dina Rahayu, (2024): Pengaruh Keberadan Ojek Online Dengan Persaingan Usaha sebagai Variabel Moderating Terhadap Pendapatan Ojek Konvensional Di Kecamatan Tampan Pekanbaru Pespektif Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan usaha antara driver ojek online dan driver ojek konvensional yang mempengaruhi pendapatan driver ojek konvensional. Rumusan masalah penelitian ini adalah seberapa besar keberadaan ojek online berpengaruh terhadap pendapatan ojek konvensional, seberapa besar keberadaan ojek online berpengaruh dengan persaingan usaha sebagai variabel moderating terhadap pendapatan ojek konvensional, bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai keberadaan ojek online terhadap pendapatan ojek konvensional di Kecamaan Tampan Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode kuantitatif deskriptif. Populasi adalah driver ojek konvensional di Kecamatan Tampan Pekan baru berjumlah 55 orang. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling dengan teknik snowball sampling diperoleh 55 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil penelitian, maka didapat persamaan regresi sebagai berikut: Y= -6,939+ 0,475+521 Berdasarkan hasil uji T diperoleh bahwa Ojek Online berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pendapatan Ojek Konvensional dengan nilai t hitung sebesar 3,805 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hasil Uji F, yaitu F hitung diperoleh Ojek Online berpengaruh positif dan signifikan dengan persaingan usaha sebagai variabel moderating terhadap pendapatan Ojek Konvensional dengan nilai f hitung sebesar 53,488 > f tabel sebesar 3,18 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya variabel Ojek Online dengan persaingan usaha berpengaruh sebesar 66% terhadap variabel pendapatan dan koefisien determinasi Adjusted R Square sebesar 0.660. Artinya variabel Ojek Online dan persaingan usaha berpengaruh sebesar 66% terhadap variabel Pendapatan Sedangkan sisanya 34% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dalam tinjauan ekonomi syariah mengenai pengaruh keberadaan ojek online dengan persaingan usaha sebagai variabel moderating terhadap pendapatan ojek konvensional secara umum sudah sesuai dengan prinsip syariah, karena driver ojek konvensional tetap berusaha mencari rezeki yang halal, dan bersaing secara sehat, adil dan jujur serta menjalin silaturahmi dengan driver ojek online agar dapat mempererat ikatan persaudaraan sesuai dengan prinsip�prinsip keadilan dan ketakwaan dalam ajaran agama Islam. Kata Kunci: Ojek Online, Persaingan Usaha, Pendapatan, Variabel Moderating, Ojek Konvensional
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:17 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81588 |
Actions (login required)
View Item |