Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA TINGKAT PENJUALAN PRODUK DENGAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN), DECISION TREE DAN NAÏVE BAYES (Studi Kasus : PT. Henson Alfa Gross)

DIana Aprilia, - (2024) ANALISA TINGKAT PENJUALAN PRODUK DENGAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN), DECISION TREE DAN NAÏVE BAYES (Studi Kasus : PT. Henson Alfa Gross). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
Skripsi lengkap Tanpa BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi BAB IV.pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

Bisnis perdagangan semakin lama semakin meningkat sejalan dengan perkembangan aplikasi data mining begitu pesat di segala bidang termasuk juga pada analisis tingkat penjualan produk dengan mengklasifikasikan kategori status produk bisa dikatakan laris atau tidak laris. Algoritma yang sering digunakan dalam klasifikasi dengan akurasi yang baik adalah K-Nearest Neighbor, Decision Tree dan Naïve Bayes. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan nilai akurasi dan nilai error pada studi kasus PT. Henson Alfa Gross juga untuk menentukan algoritma mana yang lebih akurat untuk menganalisis tingkat penjualan produk di PT. Henson Alfa Gross dan di dapatkan hasil bahwa ketiga algoritma tersebut dapat mengklasifikasikan status produk dengan baik karena akurasi yang di dapatkan pada ketiga algoritma tersebut lebih dari sembilan puluh persen dan dengan error di bawah sepuluh persen. Namun dari ketiga algoritma tersebut K-NN lebih unggul karena memiliki akurasi sebesar sembilan puluh lima koma tujuh puluh delapan persen dan dengan nilai eror sebesar delapan koma nol lima persen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM.Marizal, -2020038804muhammadmarizal@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2024 05:43
Last Modified: 12 Jul 2024 05:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81542

Actions (login required)

View Item View Item