Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE COPY THE MASTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 007 SUNGAI LIPAI KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KABUPATEN KAMPAR

ULFA UTARI, - (0179) PENERAPAN METODE COPY THE MASTER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 007 SUNGAI LIPAI KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ULFA_UTARI.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ULFA UTARI- BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa Utari, (2024) : Penerapan Metode Copy the Master dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui metode copy the master pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerpen di antaranya siswa kesulitan menemukan ide dan siswa kurang mampu mengembangkan alur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode copy the master dan keterampilan menulis cerpen siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil analisis data penelitian bahwa penerapan metode copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Hal ini dapat diketahui di mana sebelum tindakan perbaikan dilakukan, nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen hanya mencapai 39,1 dengan kategori tidak baik. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui metode copy the master pada siklus I nilai rata-rata siswa dalam menulis cerpen meningkat menjadi 60,5 dengan kategori kurang baik. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata menulis cerpen siswa meningkat menjadi 83,3 dengan kategori baik. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa metode copy the master dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 007 Sungai Lipai Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Copy the Master, Keterampilan Menulis Cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHERLINA2017077201herlina170772@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:09
Last Modified: 15 Jul 2024 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81541

Actions (login required)

View Item View Item