Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI BUDAYA MELAYU RIAU UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

SERLY OKTA RIA, - (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI BUDAYA MELAYU RIAU UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV_opt.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul ajar terintegrasi budaya Melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, angket dan soal tes. Instrumen penelitian terdiri dari pedoman wawancara, lembar validasi instrumen penelitian, lembar validasi modul ajar, lembar angket respon siswa dan soal posttest kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul ajar terintegrasi budaya Melayu Riau tergolong dalam kategori sangat valid. (2) modul ajar terintegrasi budaya Melayu Riau tergolong dalam kategori sangat praktis. (3) modul ajar terintegrasi budaya Melayu Riau tergolong dalam kategori efektif karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul ajar terintegrasi budaya Melayu Riau untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Modul ajar ini dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk materi tabung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorErdawati Nurdin, -1019108702erdawati.nurdin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:01
Last Modified: 12 Jul 2024 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81494

Actions (login required)

View Item View Item