Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN WORDPRESS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

ANNISA FAZILA SABRINA DAMANIK, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN WORDPRESS TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA FAZILA SABRINA DAMANIK.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Fazila Sabrina Damanik, (2024) : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Wordpress Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Sistem Peredaran Darah. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keterbatasan penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran IPA yang hanya menggunakan buku teks sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Guided Inquiry berbantuan Wordpress terintegrasi nilai keislaman pada materi sistem peredaran darah yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Model ini mempunyai 3 tahap yaitu: (1) investigasi awal (preliminary research), (2) tahap pengembangan atau tahap pembuatan prototipe (prototyping phase), (3) tahap penilaian (assesment phase). Data pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan menggunakan angket validitas, praktikalitas, dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas ahli integrasi nilai keislaman 92,5% dengan kategori “Sangat valid”, ahli bahan ajar 95% dengan kategori “Sangat valid”, dan ahli materi pembelajaran 90% dengan kategori “Sangat valid”. Maka nilai rata-rata validitas secara keselutuhan 92,5% dengan kategori “Sangat valid”. Hasil uji praktikalitas memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 97,5% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 95% dengan kategori “Sangat Baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Guided Inquiry berbantuan Wordpress terintegrasi nilai keislaman pada materi sistem peredaran darah dinyatakan valid, praktis, dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA SMP/MTs. Kata Kunci : LKPD, Guided Inquiry, Wordpress, Integrasi Nilai Keislaman, Sistem Peredaran Darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRIAN VEBRIANTO2021109101rian.vebrianto@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:22
Last Modified: 12 Jul 2024 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81479

Actions (login required)

View Item View Item