Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REPRESENTASI NILAI SEJARAH PADA FILM “MENCURI RADEN SALEH” KARYA ANGGA DWIMAS SASONGKO PADA FILM BERGENRE “HEIST”

Andi Degery, Andi (2024) REPRESENTASI NILAI SEJARAH PADA FILM “MENCURI RADEN SALEH” KARYA ANGGA DWIMAS SASONGKO PADA FILM BERGENRE “HEIST”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Film merupakan salah satu media komunikasi yang sifatnya memadukan unsur audio dan visual, hal ini digunakan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat ramai yang ada pada tempat tertentu. Film selain memiliki esensi sebagai hiburan, kini dapat juga sebagai media diskusi dan pembelajaran yang membahasi nilai budaya ataupun sejarah. Pada film “Mencuri Raden Saleh” karya Angga Dwimas Sasongko mengangkat kisah tentang lukisan terkenal “Penangkapan Pangeran Diponegoro” karya pelukis hebat Raden Saleh, menggunakan genre “Heist” atau pencurian. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Semiotika Roland Barthes, yang menganalisa tanda dan simbol budaya menggunakan makna denotasi,konotasi,dan mitos untuk mengkaji Nilai sejarah yang ada pada film “Mencuri Raden Saleh”. Dengan mengidentifikasi tanda dari aspek sinematografi, dan narasi yang ada di dalam film peneliti mendapatkan hasil dengan beberapa adegan yang menggambarkan nilai sejarah yang sesuai dengan lukisan yang diangkat pada film “Mencuri Raden Saleh”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorEDISON2016047802UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Representasi Nilai Sejarah, Film Mencuri Raden Saleh, Film genre “Heist”, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 08:37
Last Modified: 12 Jul 2024 08:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81421

Actions (login required)

View Item View Item