Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MENURUT ABUDDIN NATA

RAHMAD HIDAYAT, - (2024) PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MENURUT ABUDDIN NATA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmad Hidayat (2024): Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Karakteristik Peserta Didik Menurut Abuddin Nata Pendidikan merupakan kunci dalam membentuk karakter dan kualitas sumber daya manusia. Guru sebagai agen utama pembelajaran dihadapkan pada tantangan meningkatkan mutu pendidikan nasional. Guru harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Eksplorasi pendekatan pembelajaran dan karakteristik peserta didik menurut Abuddin Nata dapat memberikan landasan yang kuat untuk peningkatan kualitas pembelajaran di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan mengkaji pendekatan pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik menurut Abuddin Nata. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pendekatan pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan karakteristik peserta didik, karena peserta didik memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Abuddin Nata mengatakan ada tiga karakteristik peserta didik, yaitu mulai dari tingkat usia, fitrah, dan kecerdasan. Sedangkan pendekatan pembelajaran yang muncul dari perbedaan karakteristik peserta didik meliputi pendekatan pembelajaran individualis, pendekatan pembelajaran kelompok, dan pendekatan pembelajaran campuran. Dengan eksplorasi pendekatan pembelajaran dan karakteristik peserta didik menurut Abuddin Nata, penelitian ini menegaskan pentingnya mengadopsi pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran, Karakteristik, Abuddin Nata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKADAR2021056501lailatul_qdr@yahoo.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2024 03:00
Last Modified: 12 Jul 2024 03:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81413

Actions (login required)

View Item View Item