Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 028 RIMBO PANJANG

HERDILA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HERDILA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Herdila, (2024) : Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Uderstanding Procedures terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran conceptual uderstanding procedures terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 028 Rimbo Panjang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 96 orang. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas, VB sebagai kelas eksperimen dan VC sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas dan hasilnya data berdistribusi normal dan homogen. Langkah selanjutnya, dilakukan uji-t (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai thitung sebesar 5,575 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan df = 62, sebesar 1,67, dengan demikian maka thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah perlakuan. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa model pembelajaran conceptual uderstanding procedures berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep pada muatan pelajaran IPA siswa kelas V SDN 028 Rimbo Panjang. Kata kunci: Conceptual uderstanding procedures, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAramudin, -2002118501aramudin@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:56
Last Modified: 11 Jul 2024 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81375

Actions (login required)

View Item View Item