Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTASI PERTUKARAN TRIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH DESA AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Riko Andestas (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROTASI PERTUKARAN TRIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH DESA AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2012_2012798.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, diantaranya Dari 24 hanya 7 orang siswa yang telah mencapai nilai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Oleh sebab itu peneliti menerapakan strategi pembelajaran rotasi pertukaran Trio. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Strategi Pembelajaran Rotasi Pertukaran Trio dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V pada pokok bahasan Operasi hitung bilangan bulat. peneliti merumuskan permasalahan peneliti adalah Bagaimana penerapan Strategi Pembelajaran Rotasi Pertukaran Trio dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar? Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Desa Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Penerapan teknik pembelajaran Rotasi Pertukaran Trio. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2011 sampai bulan Oktober 2011. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis seperti disampaikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Rotasi Pertukaran Trio, maka akan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa, hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang, pada data awal secara klasikal belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, namun secara individu hasil belajar siswa meningkat dari 16 orang siswa 11 orang yang telah mencapai ketuntasan, pada siklus II secara klasikal hasil belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75% dengan ketuntasan klasikal yaitu 85%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 03 Oct 2016 13:44
Last Modified: 03 Oct 2016 13:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8136

Actions (login required)

View Item View Item