Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Di Toko Roti Ayah Kecamatan Tualang Perspektif Ekonomi Syariah

Muhammad Alfarizi, - (2024) Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Di Toko Roti Ayah Kecamatan Tualang Perspektif Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Alfarizi,(2024): Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Berbelanja Di Toko Roti Ayah Kecamatan Tualang Perspektif Ekonomi Syariah Dalam era globalisasi saat ini banyak bermunculan industri kuliner, beberapa tahun ini banyak di Indonesia industri kuliner yang semakin berkembang dengan pesat, Ajaran Islam tentang perekonomian dalam kehidupan sehari-hari, ekonomi merupakan roda kehidupan sebagai wadah untuk memenuhi kebutuhan materiil manusia, baik dalam kehidupan individu, maupun sosial. Penelitian ini dilakukan pada Toko Roti Ayah, dengan populasi dalam penelitian ini adalah konsumen atau pelanggan yang tidak diketahui, sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang diambil dari rumus Lameshow dengan teknik pengambilan non probability sampling dengan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan nilai thitung variabel citra merek (X1) dengan nilai (thitung 5,469 > ttabel 2,021) atau signifikansi (0,000 < 0,05), nilai thitung variabel kualitas pelayanan (X2) dengan nilai (thitung 5,211 > ttabel 2,021) atau signifikansi ( 0,000 < 0,05) yang berarti citra merek dan kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap preferensi konsumen kemudian nilai (Fhitung 19,659 > Ftabel 3,23) maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independen memberikan kontribusi secara simultan terhadap variabel dependen. Dan hasil uji koefisien determinasi diperoleh 0,470 berarti 47% preferensi konsumen dipengaruhi oleh variable citra merek dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya sebesar 53% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model yang diteliti. Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan yang memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih produk atau layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Citra merek yang baik dan kualitas pelayanan yang memadai dapat meningkatkan kepercayaan konsumen serta memperkuat hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan keuntungan secara berkelanjutan dalam sistem ekonomi syariah. Tinjauan ekonomi syariah berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ekonomi syariah, citra merek yang kuat dapat dibangun melalui kepatuhan terhadap nilai-nilai Islam seperti transparansi, keadilan, dan kejujuran dalam semua interaksi bisnis. Kualitas pelayanan yang baik juga menjadi faktor penting dalam memperkuat citra merek, dengan memberikan pengalaman positif dan memenuhi ekspektasi konsumen terhadap standar pelayanan yang tinggi dan sesuai dengan nilai-nilai moral. Kata Kunci: Citra Merek (Brand Image), Kualitas Pelayanan dan Preferensi Konsumen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBudi Azwar, -2001048001budi.azwar@uin-suska.ac.id
Thesis advisorHairul Amri, -2023087301ayahaini73@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:17
Last Modified: 11 Jul 2024 04:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81359

Actions (login required)

View Item View Item