FITRI MUTHMAINNAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FITRI MUTHMAINNAH.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (973kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri Muthmainnah, (2022): Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Self Efficacy Matematis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa, apakah model pembelajaran yang diterapkan guru belum efektif, serta siswa kurang percaya diri dalam berpartisipasi dalam pembelajaran, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Realistic Mathematics Education self efficacy terhadap kemampuan koneksi. Penelitian ini merupakan bentuk Quasi-Ekperimen atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tembilahan tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil secara purposive sampling adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal prerest dan postest kemampuan koneksi matematis, angket Self Efficacy, lembar aktivitas guru dan siswa serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data maka disimpulkan : 1) Terdapat pengaruh kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional. 2) Terdapat pengaruh kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki Self Efficacy yang Tinggi, Sedang, dan Rendah. 3) Tidak terdapat pengaruh antara pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Self Efficacy dalam mempengaruhi kemampuan koneksi matematis. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Koneksi Matematis, Self Efficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 03:20 | ||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2024 03:20 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81341 |
Actions (login required)
View Item |