Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMAN 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

ANISA NUR HAFIFA, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMAN 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMAN 2 Tambang Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 360 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 72 orang yang terbagi atas dua kelas yaitu 36 orang kelas eksperimen dan 36 orang kelas kontrol dengan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil belajar ulangan materi sebelumnya mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa di kelas XI, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur. Hal ini ditunjukkan dengan T baik taraf 5% maupun 1% (1,666<4,090>2,380), dan nilai sig. <0,05 (0,000<0,05) yang berarti H a diterima dan H 0 hitung ditolak. Hasil uji effect size menunjukkan besaran pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Pekanbaru adalah 3,51 tergolong besar. Kata kunci: Quantum Teaching Tipe Tandur, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalmiah, -2017119101salmiah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:59
Last Modified: 11 Jul 2024 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81335

Actions (login required)

View Item View Item