Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HADIS-HADIS NABI TENTANG MELIHAT CALON PASANGAN SEBELUM MENIKAH (KAJIAN KONTEKSTUAL HADIS)

M. AL HABIB. M, - (2024) HADIS-HADIS NABI TENTANG MELIHAT CALON PASANGAN SEBELUM MENIKAH (KAJIAN KONTEKSTUAL HADIS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Hadis-Hadis Nabi Tentang Melihat Calon Pasangan Sebelum Menikah (Kajian Kontekstual Hadis). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui status hadis dan pemahamannya, serta kontekstual hadis tentang melihat calon pasangan sebelum menikah. Maka, masalah yang penulis rumuskan yaitu bagaimana status hadis tentang melihat calon pasangan sebelum menikah dan bagaimana pemahaman kontekstual hadis tentang melihat calon pasangan sebelum menikah. Skripsi ini tergolong kepada studi kepustakaan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang difokuskan dengan hadis yang membahas melihat calon pasangan sebelum menikah. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hadis berdasarkan kitab Mu’jam al-Mufahras ditemukan tiga hadis riwayat Jabir bin Abdullah yang berkuantitas ahad dan berkualitas hasan. Zaman dahulu berbeda seperti zaman sekarang. Pada zaman dahulu, seseorang hendak melakukan nazhar ia menemui langsung ke rumah calonnya. Beda dengan zaman sekarang yang menggunakan teknologi canggih, sehingga dimana saja kita bisa berkomunikasi dengan gadget. Melalui gadget, melihat calon pasangan bisa dilakukan dari jauh atau di tempat masing-masing dengan melihat fotonya dan video call. Namun dengan batasan tertentu sebagaimana yang telah dijelaskan para ulama secara tekstual hadisnya. Kata kunci : Hadis, Nazhar, Kontekstual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZikri Darussamin20150560011961@gmail.com
Thesis advisorUsman2026017001usman@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:28
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81318

Actions (login required)

View Item View Item