SAKDIAH, - (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DENGAR-UCAP DENGAN PERMAINAN MISSING LYRICS UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH ISTIMA’ BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VIII SMP PONDOK PESANTREN BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI SAKDIAH.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sakdiah, (2024) : Pengaruh Penggunaan Metode Dengar-Ucap Dengan Permainan Missing Lyrics Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan missing lyrics untuk meningkatkan maharah istima’ bahasa Arab bagi siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan missing lyrics berpengaruh untuk meningkatkan maharah istima’ bahasa Arab bagi siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru?”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam, dengan sampel siswa kelas VIII 4 dan kelas VIII 5. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan missing lyrics untuk meningkatkan maharah istima’ bahasa Arab bagi siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan missing lyrics berpengaruh untuk meningkatkan maharah istima’ bahasa Arab bagi siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Hal ini dibuktikan dengan nilai t0= 3,64 lebih besar dari tt pada taraf signifikansi 1% = 2,68 dan taraf signifikansi 5%= 2,01 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan missing lyrics berpengaruh untuk meningkatkan maharah istima’ bahasa Arab bagi siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam Pekanbaru. Begitu juga pada tabel observasi, mendapatkan nilai 82% bagus sekali karena terletak pada taraf signifikan 81%-100%. Dengan data-data tersebut yang berarti penggunaan metode dengar-ucap dengan permainan missing lyrics berpengaruh untuk meningkatkan maharah istima’ bahasa Arab bagi siswa kelas VIII SMP Pondok Pesantren Babussalam Kata Kunci : Pengaruh, Metode Dengar-Ucap, Permainan Missing Lyrics dan Maharah Istima’
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 400 Bahasa | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 08:35 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 08:36 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81313 |
Actions (login required)
View Item |