DEVIE PUTRI RAHMAYUNINGSIH, - (2024) ANALISIS CAMPUR KODE PADA KEGIATAN BERBICARA SISWA SMK PERBANKAN RIAU : SEBUAH KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELTIAN (BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
DEVIE PUTRI RAHMAYUNINGSIH (2024) : ANALISIS CAMPUR KODE PADA KEGIATAN BERBICARA SISWA SMK PERBANKAN RIAU : SEBUAH KAJIAN SOSIOLINGUISTIK Campur kode merupakan bentuk penggunaan bahasa yang digunakan seseorang yang menggunakan dua bahasa atau lebih. Campur kode ini ada yang berbentuk kata, frasa, klausa dan kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode dalam lingkungan siswa kelas X SMK Perbankan Riau. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X SMK Perbankan Riau dan objeknya adalah campur kode yang di gunakan siswa. Untuk mewujukan tujuan penelitian yang sudah di sebutkan terdahulu peneliti mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan metode simak,untuk meujudkan metode simak tersebut, peneliti menggunakan teknik sadap sebagai teknik dasar dan teknik simak bebas libas cakap beserta teknik catat sebagai teknik lanjutannya. Setelah data penelitian ini terkumpul, selanjutnya peneliti menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode Agih yang dilengkapi dengan teknik BUL sebagai teknik dasar dan teknik ganti sebagai teknik lanjutan. Setelah data di analisis, maka ditemukan hasil penelitian ini sebagai berikut (1) Dalam campur kode yang di lakukan siswa dalam proses pembelajaran terdiri campur kode dalam bentuk kata dengan jumlah 17 data (51,52%), dalam bentuk frasa dengan jumlah 3 data (9,1%) , dalam bentuk klausa 1 data (3,1%), dan dalam bentuk kalimat 9 data (27,28%) (2) berdasarkan faktor penyebab terjadinya campur kode disebabkan oleh faktor penutur karena faktor ini merupakan faktor penyebab terbesar di banding faktor yang lain yaitu sebesar 80%. Dari hasil analisis data ditemukan campur kode Bahasa Indonesia dengan Bahasa minang. Kata Kunci: Campur Kode, Lingkungan Kelas, Siswa Perbankan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 400 Bahasa 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:39 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:40 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81305 |
Actions (login required)
View Item |