Fitri Wati Susta (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADITS MELALUI TEKNIK TANDUR PADA MATERI SURAT-SURAT PENDEK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2012_2012755.pdf Download (516kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan kenyataan yang terjadi pada murid kelas IV MIS Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar yaitu rendahnya hasil belajar al-Qur`an Hadist siswa, maka penulis merasa perlu melakukan penelitian tindakan kelas dengan penggunaan Teknik Tandur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Teknik Tandur dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran al-Qur`an Hadist pada materi Surat-surat Pendek Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Rumbio Kecamatan Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Swasta Rumbio Kecamatan Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Teknik Tandur dalam meningkatkan hasil belajar al-Qur`an surat Al-Qausart Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan serangkain tes dari materi pelajaran yang telah dipelajari yang diujikan pada murid pada bagian akhir proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, sebelum dilakukan tindakan diketahui bahwa hasil belajar al-Qur`an Hadist murid dengan nilai rata-rata 63 dan ketuntasan kelas hanya 47% dari keseluruhan murid setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke I hasil belajar murid meningkat dengan nilai rata-rata 68 dan ketuntasan kelas mencapai 73%. Pada siklus ke II lebih meningkat hingga mencapai nilai rata-rata 72 dan ketuntasan kelas mencapai 86%. Dari data ini menunjukkan bahwa melalui Teknik Tandur hasil belajar pada mata pelajaran al-Qur`an Hadist pada materi Surat-surat Pendek murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Rumbio Kecamatan Kampar akan Meningkat. Artinya jika digunakan Teknik Tandur dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran al-Qur`an Hadist secara benar, dapat meningkatkan hasil belajar murid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 13:33 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 13:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8129 |
Actions (login required)
View Item |