IIS 'AISYAH, - (2024) PENGGUNAAN NYANYIAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 UNGGULAN PEKANBARU RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
THESIS IIS AISYAH.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK lis ‘Aisyah, (2024) : PENGGUNAAN NYANYIAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOSAKATA PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 UNGGULAN PEKANBARU RIAU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan nyanyian dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman kosa kata pada siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru Riau. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah penggunaan nyanyian dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan pemahaman kosa kata pada siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru Riau?". Penelitian ini adalah penelitian design one group pre test post test yang dilakukan dengan mengadakan pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas V (Lima) Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru tahun ajaran 2023-2024, Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru Bahasa Arab di sekolah tersebut, dan objek penelitian ini adalah penggunaan nyanyian dan penguasaan mufrodat Bahasa Arab siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peningkatan penguasaan mufradat Bahasa Arab antara siswa sebelum diajarkan menggunakan nyanyian dalam pembelajaran Bahasa Arab dan setelah diajarkan menggunakan nyanyian dalam pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru Riau. Hasil perhitungan menunjukkan nilai To= 7,73 lebih besar dari nilai Tt pada taraf signifikansi 5%=2,01 dan taraf signifikansi 1% = 2.68. Kesimpulan penelitian ini adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya penggunaan nyanyian dalam pembelajaran bahasa Arab efektif dalam usaha meningkatkan penguasaan mufradat bahasa Arab siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Unggulan Pekanbaru Riau Tahun Ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Nyanyian, Penguasaan Kosakata, Penerapan, Peningkatan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 05:42 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 05:44 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81282 |
Actions (login required)
View Item |