Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAJIAN ETNOSAINS TRADISI PENANGKAPAN IKAN SILUANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI KECAMATAN KOTA PINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN)

PUTRI NURHALIZAH, - (2024) KAJIAN ETNOSAINS TRADISI PENANGKAPAN IKAN SILUANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPA (STUDI KASUS DI KECAMATAN KOTA PINANG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI NURHALIZAH.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Putri (2024): Kajian Etnosains Tradisi Penangkapan Ikan Siluang Sebagai Sumber Belajar IPA (Studi Kasus Di Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan) Tujuan dari penelitian ini adalah mendekripsikan kearifan lokal masyarakat, menganalisis konsep sains dan menganalisi kelayakan penangkapan ikan siluang sebagai sumber belajar IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, wawancara, dan triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi penangkapan Ikan Siluang merupakan kegiatan penangkapan Ikan Siluang menggunakan alat tangkap jaring. Proses tradisi penangkapan Ikan Siluang meliputi spesifikasi alat, waktu dan tempat penangkapan dapat dijelaskan dalam ilmu Makhluk Hidup dan Lingkungan dan Tata Surya. Tradisi penangkapan Ikan Siluang masuk dalam kategori sangat layak sebagai bahan ajar IPA dengan presentase 58,3% untuk kemudahan, 75% untuk keamanan, dan 91% untuk kesesuaian bahan ajar. Tradisi penangkapan ikan Siluang mengandung konsep keilmuan dan cocok digunakan sebagai bahan ajar keilmuan berbasis kearifan lokal. Kata Kunci : etnosains, tradisi penangkapan ikan Siluang, sumber belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatimah Depi Susanty HarahapUNSPECIFIEDdepifatimah2@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:31
Last Modified: 11 Jul 2024 03:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81274

Actions (login required)

View Item View Item