Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMET) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU

DEBY RIANISA FITRI, - (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOLE (SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMET) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di MTsN 3 Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini disebabkan karena kurangnya guru dalam menerapkan pembelajaran dengan metode atau model pembelajaran yang kreatif. Selain itu kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis informasi dalam menyelesaikan masalah, kurangnya kemampuan mensintesis materi, kuranganya kemampuan memecahkan masalah, kurangnya menyimpulkan hasil pendapat dan kurangnya mengevaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (uji Independent Sample t-Test). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas eksperimen menggunakan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) memperoleh kategori lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 87,05 dan kelas kontrol sebesar 74,86. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test diperoleh thitung dan ttabel yaitu 5,942 > 0,316 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima H0 ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSakilah20030306601sakilah@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:20
Last Modified: 11 Jul 2024 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81258

Actions (login required)

View Item View Item